Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tampilan Baru Dashboard Blogger Lebih Segar dan Kekinian

Tampilan Baru Dashboard Blogger Lebih Segar dan Kekinian
Beberapa waktu belakangan, saya banyak kesibukan di dunia nyata, sehingga tidak punya banyak waktu untuk menulis postingan. Tapi bukan tidak melihat apa yang terjadi di . Semua komen dan email yang masuk saya baca, meski tidak semua yang saya balas.

Seperti biasa, setiap hari saya akan login ke dashboard blogspot yang saya miliki. Beberapa hari terakhir memang saya sedikit dibingunkan dengan hilangnya tombol lihat blog, yang biasanya ada dibagian atas. Alih-alih berpikir bahwa itu sengaja dihilangkan oleh blogger, saya malah berpikir, koneksi saya yang sedang lelet.

Ternyata, hilangnya tombol lihat blog tersebut yaitu bab dari update yang dilakukan oleh blogspot. Pertanggal 22 November 2016, Blogger resmi berubah wajah di tampilan dashboard-nya. Pengumuman itu dipublikasikan di blog resminya di blogger.googleblog.com.

Namun, saya gres menyadari perubahan ini setelah melihatnya hari ini, Rabu 23 November 2016. Sama menyerupai tampilan gres pada akun adsense yang dilakukan Google beberapa waktu lalu, konsep yang ditawarkan blogger juga tidak jauh berbeda. Yakni tampil lebih dinamis, simple dan frest.

Kita tak akan menemukan lagi tab overview ketika pertama kali login ke blogger. Sebaliknya, kita akan pribadi menemukan daftar postingan yang sudah dipublikasikan. Alasan Blogger melaksanakan ini tentu saja biar lebih sederhana dan mempersingkat waktu akses.



Secara tidak langsung, Blogger menginginkan kita biar lebih sering membuat postingan alasannya yaitu itu mereka menempatkan hal ini lebih utama. Secara keseluruhan, nyaris tidak ada perubahan posisi, selain menu Laman yang ditempatkan dibawah menu Kampanye. Dulunya ia ada sempurna dibawah Pos.

Perubahan mendasar Blogger ini yaitu bab yang tak terpisahkan dari inovasi Google. Mereka akan selalu melaksanakan update takkala ada hal gres yang mereka kerjakan. Saya sendiri sudah lupa, sudah berapa kali Blogger melaksanakan perubahan dashboard semenjak saya mengenal dunia blog.

(Baca Juga: Blogspot Sudah Bisa Menggunakan Protokol HTTPS)

Intinya, mereka akan menunjukkan akomodasi kepada penggunanya sebaik mungkin. Tampilan gres ini juga menunjukkan Google sedang masuk ke abad yang lebih sederhana dan tidak berat. Pemilihan warna putih dengan sedikit bab orange makin menambah nyaman dimata.

Untuk mempelajari tampilan gres Blogger ini, silahkan menjelajahinya sendiri. Saat masuk pertama kali, akan muncul tampilan menyerupai berikut. Klik saja mengerti dan semuanya akan tampil sesuati update terakhir. Blog yang paling sering dibuka dalam akun kita yang akan tampil lebih awal.



Jika ingin melihat daftar blog yang kita miliki, tinggal mengklik nama blog yang dipojok kiri atas. Selanjutnya Anda akan dibawah ke dashboard blog lainnya. Begitu juga untuk membuat postingan, tidak ada hal yang berubah. Bedanya hanya posisi, soal fungsi-fungsi masih tetap sama.

Secara keseluruhan, saya senang dengan tampilan gres Blogger ini. Lebih sederhana dan kekinian. Mata juga tidak mudah lelah dengan kombinasi warna yang mereka mainkan. Dan terakhir, saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada pihak Blogger, alasannya yaitu mencatut nama Jakarta di awal pengumumannya melaksanakan perubahan ini.

(Baca Juga: Dampak Positif dan Negatif Blogspot Kaprikornus .CO.ID)

Sepertinya Indonesia dimata Google yaitu sesuatu yang menjanjikan, sampai-sampai harus menyebut berdampingan New York dan Jakarta. Semoga dengan tampilan gres ini dan juga dipakainya nama Jakarta dalam rilis Blogger, kita mampu lebih giat dan kreatif lagi dalam menciptakan konten yang berkualitas dan bermanfaat buat banyak orang.

Salam Blogger dan Jangan Lupa Bahagia!

Posting Komentar untuk "Tampilan Baru Dashboard Blogger Lebih Segar dan Kekinian"