Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Formulir Online dengan Google Forms

Bagi seorang blogger, tols yang bermanfaat tentu saja harus dimaksimalkan. Dan Google ialah raksasa dunia teknologi yang kaya dengan fitur menarik. Ada berbagai aplikasi gratis yang disediakan oleh Google yang sayang kalau tidak dimaksimalkan.

Mungkin teman-teman pernah berkunjung ke satu forum atau website yang menyediakan formulir infomasi untuk diisi. Atau satu ivent yang mengharuskan mengisi biodata untuk mampu mengikutinya. Salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan untuk membuat form itu ialah Google Forms.


(Baca Juga: Cara Memasang Kolom Komentar Disqus di Wordpress)

Jika masih belum paham dengan penjelasan diatas. Berikut ialah pola penggunaan Google Forms. Kami juga sekaligus meminta biar teman-teman mengisinya dengan seksama. Karena data yang terkumpul juga akan digunakan sebagai materi tulisan.


Penggunaan Google Forms mampu lebih luas lagi. Tergantung apa kebutuhan Anda. Bahkan beberapa penelitian menggunakan Google Forms untuk membuat kuesioner. Ini tentu saja mengurangi penggunaan kertas dan menganalisa datanya mampu eksklusif dalam bentuk digital. Makara lebih mudah.

(Baca Juga: Tutorial Lengkap Membuat Blog Blogspot Makara Profesional)

Untuk membuat formulir online ibarat pola diatas, berikut langkah-langkah yang harus dilakukan:
  • Pertama-tama kunjungi https://docs.google.com/forms/ atau masuk ke Google Drive Anda lalu pilih New, klik More dan pilih Google Forms. 
  • Jika masuk ke halaman Google Forms tampilannya akan ibarat berikut ini. Langsung saja klik Get Started. 

  • Fitur utama formulir kerja Google Forms ada tiga bagian, pertama Form Setting, Page dan Configuration Page. 
  • Page ialah bab inti untuk membuat formulir online. Ada beberapa bab yang harus diketahui pada Page. Pada bab atas yang goresan pena Untitled Fom ialah judul utama formulir onlinenya dan dibawahnya Form Description ialah penjelasan singkatnya. 

  • Di dalam kotak, bab Question Title ada bab dimana Anda harus mengisi pertanyaannya. Help Text merupakan pinjaman penjelasan dari pertanyaan tersebut. Help Text ini boleh diisi, boleh juga tidak, tergantung Question Type yang akan kita tanyakan.
  • Question Type ialah pilihan untuk beberapa jenis pertanyaan.Ada beberapa jenis Question Type yang mampu dipilih yakni teks, paragraf, pilihan ganda (multiple choice), checkboxes, skala (scale), dan lainnya. Bergantung kita ingin mendapat jawaban ibarat apa. Khusus untuk checkboxes, kita mampu membuat opsi yang mampu diisi sendiri oleh responden dengan mengeklik “Add Other”.
  • Jika pilihan tersebut harus diisi, jangan lupa untuk mencentang bab Required Question sehingga responden harus mengisi bab tersebut sebelum mampu mengirimkan form.
  • Jika pertanyaan yang Anda olok-olokan lebih dari satu maka klik Add Item dibagian bawah. Tombol dropdown disamping Add Item juga berisi sejumlah pilihan lain yang mampu dimaksukkan dalam formulis. Semisal ingin memasukkan gambar atau video, mampu melalui cara ini. 
  • Jika sudah simpulan memasukkan semua pertanyaan yang Anda perlukan,selanjutnya jikalau ingin merubah tampilannya mampu memilih di bab change theme di bab atas. Ada banyak pilihan tema yang mampu dipilih. 

  • Jika semua dirasa cukup, selanjutnya klik Send Form. 

Cara Memasang Formulir Online di Postingan Blog

Setelah membuat formulir online di Google Forms, selanjutnya ialah mendistribusikannya. Atau bahasa lainnya membuatnya dilihat oleh orang-orang. Jika Anda berniat untuk memasang formulir online tersebut di postingan blog maka ikuti langkah berikut ini.

(Baca Juga: Cara Mengganti Domain Blogspot Makara .COM)

Pertama-tama Anda harus mengambil arahan embed pada formulir online. Kode tersebut diambil dibagian Send Form. Pada gambar diatas terlihat goresan pena Embed disebelah kanan. Klik tombol tersebut dan akan muncul form ibarat berikut.


Copy script yang ada dalam kotak tersebut dan letakkan pada bab postingan blog Anda. Atau disisi mana pun Anda mau menempatkannya. Ingat, untuk menjalankan arahan tersebut selalu paste pada mode HTML. Jika berhasil, maka balasannya ibarat pola diatas.

Semoga membantu dan bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Formulir Online dengan Google Forms"